Kamis, 07 April 2011

Bab 1 : Pendahuluan
1.1 Latar belakang
bagian ini berisikan uraian atau penjelasan yang berkaitan dengan fenomena fenomena atau alasan alasan yang mendasari mahasiswa atau peneliti memilih atau tertarik untuk memilih tema yang ditulis.
1.2 Rumusan dan batasan masalah
Atas dasar latar belakang masalah yang telah dijelaskan sebelumnya, pada bagian ini mahasiswa atau peneliti mulai mengidentifikasi, membatasi dan selanjutnya merumuskan masalah yang hendak diteliti. Setelah rumusan masalah ada mahasiswa atau peneliti dapat menterjemahkan perumusan masalah tersebut dalam bentuk kalimat pertanyaan penelitian.
1.3 Tujuan penelitian
Bagian berisi tujuan penelitian yang hendak dicapai, dan hal ini seharusnya mengacu kepada rumusan dan pertanyaan penelitian yang telah dijelaskan sebelumnya.
1.4 Manfaat Penelitian
Sedikit berbeda dengan tujuan penelitian, sub bab manfaat penelitian berisikan manfaat penelitian yang dapat diperoleh dari penelitian yang akan dilakukan mahasiswa atau peneliti tersebut.
1.5 Metode penelitian
Bagian yang berisikan bagaimana secara ilmiah, penelitian akan dilakukan poin poin penting dalam bagian ini adalah :
1.5.1. objek penelitian
1.5.2. data atau variabel
1.5.3 metode pengumpulan data atau variabel
1.5.4 hipotesis
1.5.5 alat analisis yang digunakan

1.6 Agenda penelitian
Bagian ini hanya ada selama mahasiswa atau peneliti masih dalam tahap pengajuan usulan penelitian dan dihilangkan dalam penulisan format selanjutnya.



Bab II. Landasan Teori
2.1 Kerangka Teori
Bagian ini berisikan berbagai pengertian dan pemahaman mengenai teori yang benar-benar relevan dengan topik dan variabel.
2.2 Kajian Penelitian Sejenis
Bagian ini berisikan kajian mahasiswa atau peneliti terhadap hasil hasil penelitian sejenis atau penelitian yang memiliki kesamaan topik atau variabel dengan topik atau varibel yang sedang dan diteliliti oleh mahasiswa atau peneliti.
2.3 Alat Analisis
Bagian berisi penjelasan rinci (rumus, formulasi, langkah-langkah perhitungan, dsb) mengenai berbagai alat analisis deskriptif dan kualitatif yang digunakan dalam analisis masalah/pembahasan.

Bab III. Metode penelitian
3.1 objek penelitian
3.2 data atau variabel yang digunakan
3.3 metode pengumpulan data
3.4 hipotesis
3.5 alat analisis yang digunakan
Bab 3 ini dibuat untuk memberikan ruang yang lebih luas lagi bagi mahasiswa atau peneliti dalam menguraikan dan menjelaskan penelitian yang akan digunakan.sementara keadaan sub bab 1.5. terlalu ringkas khususnya untuk materi materi penelitian dnegan mengunakan data primer dan melakukan survey.

Bab IV : Pembahasan
4.1 Data dan profil objek penelitian
Bagian berisikan data dan profil singkat objek dan penelitian
4.2 Hasil penelitian dan analisis atau pembahasan
Dalam bagian ini mahasiswa atau peneliti mulai mnyajikan data dan hasil penelitian dan mulai menganalisis secara deskriptif (dengan tabel, grafik, flow, dan sejenisnya) serta mengkobinasikannya dengan analisis kuantitatif yang telah disebutkan dibagian subbab 1.5.5

BAB V : Penutup
5.1 Kesimpulan
Bagian ini berisikan kesimpulan dari hasil penelitian mahasiswa atau peneliti, yang ada primnsipnya merupan jawaban dan pertanyaan penelitian yang ada.
5.2 Saran
Isi yang ada pada bagian ini harus di prioritaskan pada saran terhadap butir butir kesimpulan yang ada
5.3 Keterbatasan penelitian (optional)
Untuk beberapa kasus materi penelitian dan mungkin juga mahasiswa, bagian ini dapat digunakan untuk menyampaikan berbagai keterbatasan yang dalam penelitian.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar